Kebudayaan Rumah Adat Belitung

131 views

Kebudayaan Rumah Adat Belitung

Rumah Klasik Adat Belitung - Rumah Adat Belitung sekarang banyaknya amat sedikit yang menggunakannya. Akan tetapi, saat anda telah di Belitung gampang untuk menemukannya rumah adat itu. Terletak persis ditengah kota Tanjung Pandan, persisnya di Jalan Ahmad Yani, persis di samping Kantor Bupati Belitung. Ditempatkan berdampingan dengan kantor Bupati, supaya rumah adat  itu bisa disaksikan beberapa orang, diantaranya tamu dinas.

Rumah adat adalah jati diri mutlak menjadi satu perwujudan jati diri budaya suatu bangsa serta daerahnya, begitupun di Pulau Belitung yang mempunyai rumah adat yang etnik dengan istilah Rumah Gede atau Rumah Panggong.

Rumah adat itu sengaja dibuat oleh pemerintah setempat supaya beberapa generasi muda bisa mengetahui rumah adat Belitung yang telah jarang dipakai sekarang ini. Rumah Adat Belitong itu diresmikan pada tahun 2009.

Rumah Klasik Adat Belitung

rumah klasik

Dibagian depan rumah dihiasi payung warna-warni yang biasa disebut kembang goyang jadi isyarat ucapan selamat datang, sesudah tangga kita akan melihat teras tradisional yang nyaman. Waktu di rumah panggung ini terdapat beberapa ornamen rumah klasik ciri khas saerah Belitung, serta lemari-lemari yang berisi pajangan serta baju pengantin adat Belitung yang disebut Pakaian Kancing Lima. Ada pula contoh kamar pengantin di dalam rumah adat ini. Pada dinding serta di meja ada juga foto-foto Belitung zaman tempo dahulu.

Saat Anda bertandang ke satu daerah berasa kurang lengkap rasa-rasanya bila belumlah berkunjung ke rumah adat yang cuma berada di daerah itu. Di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Anda dapat menelusuri rumah Adat Panggong, yang mempunyai lima sisi dengan makna serta manfaat yang berbeda-beda.

Tapi selain kita menjumpai rumah adat belitung kita bisa menuju destinasi wisata Bukit Berahu. Bukit berahu ialah suatu tempat kombinasi antara resto serta bungalow atau villa dalam suatu pantai indah di Belitung. Bukit Berahu terdapat di dekat dengan Tanjung Tinggi. Dari atas Bukit Berahu, Anda dapat melihat dan menikmati keindahan pantai berpasir putih serta laut biru muda yang jernih.

Untuk sampai pantai di bungalow ini, Anda mesti menuruni 97 anak tangga, hingga sebaiknya Anda memakai sepatu tanpa hak. Sebab pantai di sini adalah bagian dari bungalow, Anda dapat menikmati sensasi private beach yang tidak dapat Anda dapatkan di pantai Belitung yang lain.