Genset Bahan Bakar Solar VS Genset Bahan Bakar Bensin

38 views

Genset Bahan Bakar Solar VS Genset Bahan Bakar Bensin

Jual Genset - Siapa sih yang tidak mengenal dengan istilah generator set atau genset? Karena meskipun tidak memilikinya bahkan melihatnya secara langsung, pasti pernah mendengar istilah ini di suatu tempat.

Generator set atau genset merupakan barang elektronika yang memiliki kemampuan untuk mengubah energy gerak menjadi energy penghasil listrik, alat yang satu ini biasa dimanfaatkan banyak orang yang memiliki kebutuhan listrik tinggi, seperti di daerah pedalaman yang sulit dijangkau oleh jaringan listrik PLN.

Mesin genset terbagi dalam beberapa jenis, namun jenis yang paling populer adalah genset berbahan bakar bensin serta genset bahan bakar solar. Perbedaan utama dari kedua jenis genset tersebut terdapat pada pembakaran di ruang silinder. Pada genset bensin diawali dengan proses pembakaran dengan disuplainya energy listrik bertegangan tinggi jadi akan menimbulkan percikan bunga api di celah busi untuk kemudian memulai proses pembakaran gas.

Mesin genset diesel utamanya akan memanfaatkan udara yang telah dikompresi untuk memulai proses pembakaran bahan bakar solar sehingga mesin genset diesel dengan bahan bakar solar akan memanfaatkan udara panas hasil dari kompresi sebelumnya guna membakar maupun memicu solar menghasilkan ledakan.

Berbeda dengan mesin genset bahan bakar bensin yang bahan bakar serta udara akan dicampur di bagian luar silinder yakni di dalam karburator serta saluran masuknya. Sebaliknya pada mesin genset diesel tidak terdapat pencampuran pendahuluan udara serta bahan bakar di bagian terluar silinder, hanya ada udara yang akan diterima ke bagian dalam silinder dari saluran masuk, itulah mengapa genset diesel tidak menggunakan karburator melainkan memakai pompa injector maupun boshpom.

Dilihat dari segi kenyamanan penggunaan, mesin genset dengan bahan bakar bensin memang lebih halus bila kita bandingkan secara langsung dengan genset bahan bakar solar karena genset solar akan menggunakan mekanisme kompresi tinggi pada proses pembakarannya, sedangkan genset bensin lebih unggul, terutama dari segi kenyamanan.

Untuk performanya sendiri, mesin genset bensin memiliki tenaga kuda yang cukup besar sedangkan genset solar memiliki torsi yang jauh lebih besar.