IELTS Speaking: Formal atau Informal?

48 views

Secara formal

IELTS Speaking - Salah satu hal yang mengejutkan saya ketika saya mulai mengajar di Asia adalah berapa banyak frasa formal yang digunakan beberapa siswa.

Frasa seperti 'Menurut saya ....' dan 'Dalam kehidupan modern ...' sepertinya terkandung dalam setiap kalimat dan saya mendengar 'apalagi' lebih banyak di kelas pertama saya daripada di sepanjang hidup saya.

Ini bukan kritik terhadap siswa - mereka hanya bisa menggunakan apa yang telah diajarkan kepada mereka - tetapi lebih pada kritik tentang bagaimana mereka diajarkan. Setiap buku kursus berisi frasa seperti 'tambahan' dan 'kebetulan' dan ini adalah bagian penting dari belajar bahasa Inggris, tetapi mereka jarang digunakan dalam bahasa Inggris lisan dan digunakan lebih banyak untuk penulisan formal atau akademik. Mereka baik-baik saja untuk digunakan dalam Tes Menulis, tetapi tidak benar-benar cocok untuk tes Berbicara.
Menggunakan Mereka dalam Tes Berbicara

Tes IELTS Berbicara seharusnya mewakili percakapan normal antara dua orang dan oleh karena itu Anda tidak boleh menggunakan bahasa yang terlalu formal. Anda tidak dapat menggunakan bahasa gaul atau hal lain yang terlalu informal, hanya bahasa Inggris yang jelas. Dengarkan bagaimana penutur asli dengan status setara berbicara satu sama lain; Anda akan sangat jarang mendengar mereka menggunakan sesuatu yang terlalu formal.

Beberapa siswa percaya bahwa menggunakan frasa di kolom sebelah kiri di bawah ini akan mengesankan penguji, tetapi Anda akan salah. Ini hanya memberi tahu penguji bahwa Anda memiliki pendekatan yang terlalu formula untuk berbicara dan Anda belum mengetahui bagaimana penutur asli benar-benar berbicara. Dengan kata lain, Anda tidak akan mendapatkan salah satu dari skor band yang lebih tinggi dengan menggunakannya terlalu banyak.
Kriteria Penandaan Berbicara IELTS

Di bawah judul ‘Fluency and Coherence’ dari IELTS Speaking Band Deskriptor resmi menyatakan bahwa jawaban Band 5.0 ‘mungkin menggunakan terlalu banyak penghubung dan penanda wacana tertentu‘. Ini merujuk pada seseorang yang berlebihan menggunakan frase formal di bawah ini. Mendapatkan Band 5.0 di salah satu dari empat kriteria penilaian membuatnya hampir tidak mungkin untuk mendapatkan nilai keseluruhan yang baik.

Saya memiliki banyak siswa IELTS yang baik datang ke kelas saya dengan tata bahasa, kosa kata dan pengucapan yang sangat baik, tetapi ketika diminta untuk berbicara mereka tampaknya menggunakan frasa formal dalam setiap kalimat dan ini adalah alasan utama mereka gagal mendapatkan skor yang bagus.
Bagaimana Saya Bisa Menghindarinya?

Saya telah membuat tabel di bawah ini untuk membantu Anda. Frasa di sebelah kiri terlalu formal untuk tes Berbicara dan frasa di sebelah kanan harus digunakan sebagai gantinya.