Biografi Tokoh Lampung Alhusniduki Hamim

70 views

Alhusniduki Hamim seorang rektor di unversitas Lampung dua Periode, nama Alhusniduki Hamim yang menorehkan jejak saat peta pendidikan lampung sedang di bentangkan.

Rektor Unversitas Lampung pada tahun (1990-1998) ini dikenal karena sikap kesantunannya. Dengan keteladanan itu pulalah Hamim menghadapi keseharian dunia kemahasiswaan yang hiruk-pikuk.

BIODATA

  • Nama : ALHUSNIDUKKI HAMIM
  • Lahir: 10 Desember 1939, Kota Menggala
  • Wafat : 13 Februari 2008, Kota Bandar Lampung

Jabatan: Rektor Universitas Lampung (1990-1998)

Pendidikan:

  • Sarjana muda jurusan Ekonomi dari Unsri Cabang lampung tahun 1963
  • Sarjana dari Fakultas Eknomi Universitas Lampung tahun 1968
  • Master Of Agricultural Development Economics dari Kampus Australian National University, Australia, Canberra pada tahun 1977
  • Master Of Science In Agricultrual Economics di University of Kentucky Amerika Serikat pada tahun 1984
  • Kandidat Doktor IPB di Bogor pada tahun (1985)

Dengan sikap yang dermawan sebagai rektor pertama lulusan Universitas Lampong ini, Mengawal kelimun mahasiswa saat kampus Hijau tersebut menghadapi detik-detik persalinan sebuah Reformasi. Berbasis pola serupa Pak Hamim demikian seluruh Kolega memanggilnya.

Setelah Suksess menakhodai kampus besar selama dua periode dalam kepemimpinan. Komitmen dan perhatian lelaki kelahiran kota Menggala pada tahun 1939 ini, terhadap Universitas terbesar di lampung tercatat dengan tinta emas.

Ketekunannya di dalam bidang pengembangan akademik mewarisi beribu hal yang baik bisa dinikmati hingga sekarang. Pak Hamim termasuk perintis sebuah Unila. Sebagai pendidik dan pimpinan terhadap Unila, Dia mendorong pendidikan berbasis (ICT) di Unila.

tokoh lampung

Pak hamim mempunyai visi penguasaan internet menjadi kecakapan tambahan alumni selain TOEFL(Test of English As A Foreign Languange), Hamim ingin kampus Unli leading di daerah Sumatera dan masuk kampus papan tengah di negara Indonesia.

Universitas Lampung diperhitungkan dan menjadi simpul penting di ICT. Unila menjadi koordinator ICT untuk 18 kampus di daerah Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Fondasi yang dipancangkan menuai hasil yang memuaskan.

Gagasannya yang cukup berpengaruh besar, Unila segera bertransformasi menjadi kampus Par Excellence dan hadir sebagai sarana tempat belajar yang berbasis ilmu Teknlogi, dibawah Hamim, hanya Unila dan tiga kampus besar lain di Indonesia yang mendapat bantuan dari DUE project.

Inilah yang mendasari sistem penggunaan teknologi canggih di Unila. Unila memang "Anak Kandung" yang dirintis oleh hamim pendiriannya, setelah 47 tahun silam Hamim muda tercatat sebagai mahasiswa angkatan pertama di Universitas Lampung ini.

Pada bulan November tahun 1960, lulusan Master Of Agricultural Development Economics di kampus Australian National University Canberra. Lalu terbentuknya sebagai Universitas Sriwidjaja cabang lampung pada bulan Februari tahun 1961, kemudian menjadi Unli sejak tahun 1965.

Selain Alhusniduki Hamim, masih banyak biografi tokoh yang di bahas di situs dbiografi. Dalam sebagian besar hidup dari Hamim, yang menjadi ayah dari 7 Putra-putri ini banyak diingat sebagai manusi yang mewakafkan waktu dan hidupnya di dalam dunia pendidikan. Sampai ajaln menjemput.

Almarhum Pak Hamim menjabat menjadi ketua komisi pendidikan Lampung dan ketua dewan riset di kota Lampung. Selain itu sampai saat terakhir Pak Hamim masih menjadi ketua yayasan di Al - Kautsar Lampung.

Sebagai pakar di bidang Ekonomi perdagangan Internasional, Pak Hamim rutin menjadi pemakalah dalam berbagai seminar spesialisasi pemasaran di internationals, Ekonomi moneter international sampai teori Ekonomi pengetahuan Makro.

Bagi kota Lampung, Kajian dari almarhum dibidang Ekonomi pertanian masih di gunakan sampai sekarang, Setidaknya banyak mengilhami terhadap pengembangan ilmu tersebut di level Nasional, Regional dan Lokal.

Belasan halaman dari biodita yang ditinggalkan, dengan berpuluh catatan kegiatan dalam berbagai lapangan yang ada, bukan lah lembar yang kosong. Selama 69 tahun kehidupannya sampai maut menjemput Pak Hamim menaburkan selaksa memori yang indah.