Mengenal Ruang NICU Rumah Sakit

51 views

Istilah NICU umumnya sering di dengar di lingkungan rumah sakit. Lalu apa arti sebenarnya dari ruang NICU ini? NICU adalah singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit yang merupakan ruang perawatan intensif di rumah sakit. Ruang NICU sendiri disediakan untuk bayi baru lahir yang mengalami gangguan atau masalah pada kesehatan. Biasanya, bayi yang baru lahir dimasukkan ke ruang NICU dalam masa 24 jam setelah dilahirkan.

Lama perawatan bayi di ruang NICU biasanya tergantung pada kondisi kesehatan bayi. Jika kondisi kesehatan bayi buruk, maka akan membutuhkan waktu lebih lama di ruang NICU. Tetapi, jika kondisi kesehatan bayi tidak terlalu buruk, maka tidak membutuhkan waktu lebih lama di ruang NICU. Ada banyak alasan mengapa bayi yang lahir dengan gangguan kesehatan harus di masukkan ke ruang NICU. Salah satu alasannya yaitu agar kondisi kesehatan bayi dapat pulih secara perlahan dan dapat terpantau secara intensif oleh dokter.

Jenis perawatan bayi yang berada di ruang NICU biasanya disesuaikan dengan kebutuhan bayi tersebut. Contoh perawatan bayi di ruang NICU sesuai kebutuhan :

  • Perawatan Level I - Perawatan pada bayi yang hanya mengalami sakit ringan dan tidak perlu diinfus.
  • Perawatan Level II - Untuk perawatan bayi yang mengalami sakit sedang dan yang memerlukan alat bantu medis, seperti inkubator, infus, oksigen, serta monitor jantung dan paru.
  • Perawatan level III - Penanganan dan pemantauan ketat yang harus dilakukan untuk bayi yang sakit berat, serta perawatan bayi premature yang lahir kurang dari 34 minggu kehamilan atau berat badan kurang dari 510 gram.

Mengenal Alat Medis Di Ruang NICU

Di dalam ruangan NICU pasti ada alat-alat medis yang digunakan untuk membantu memulihkan kondisi kesehatan bayi. Berikut alat-alat medis yang ada di ruangan NICU :

1. Penghangat bayi (Infant Warmer)

Alat yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap dalam angka stabil. Alat penghangat bayi yang umumnya diletakan menempel pada tempat tidur. Infant Warmer juga digunakan untuk menangani bayi yang mengalami hipotermia, yang biasa dialami oleh bayi lahir prematur. Bukan hanya bayi prematur yang bisa dirawat dengan Infant Warmer, bayi normal juga dapat dirawat dengan Infant Warmer jika mengalami masalah pada suhu tubuhnya.

2. Inkubator bayi

Tempat tidur kecil yang ditutupi dengan kaca atau plastik keras. Alat yang dilengkapi dengan penghangat yang berfungsi untuk menjaga temperatur suhu tubuh bayi agar tetap stabil.

3. Selang makanan

Alat yang dimasukkan ke dalam perut bayi melalui hidung atau mulut bayi, yang memiliki fungsi untuk menyalurkan makanan, ASI dan nutrisi lainnya.

4. Patient Monitor

Alat yang dihubungankan pada bayi di ruangan NICU guna untuk memantau kondisi bayi. Selain itu, tanda-tanda medis juga akan muncul di Patient Monitor tersebut.

5. Ventilator

Alat yang memiliki fungsi khusus, yaitu untuk membantu pernapasan bayi. Ventilator dihubungkan pada bayi melalu selang tipis yang nantinya dimasukkan ke dalam mulut atau hidung.

6. Lampu Fototerapi

Alat yang digunakan untuk menurunkan kadar bilirubin yang tinggi pada bayi, yang merupakan penyebab terjadinya bayi kuning.