TOEFL Writing Test – Ciri-Ciri Esai TOEFL Yang Baik

20 views

TOEFL Writing Test - Sebelum Anda mulai meningkatkan keterampilan menulis Anda, Anda perlu tahu bagaimana menyusun esai dengan benar. Mengetahui cara menulis esai akan membantu Anda menyajikan pemikiran Anda dengan cara yang paling logis. Secara umum, esai TOEFL yang baik memiliki empat atau lima paragraf. Paragraf pertama dengan jelas menyatakan ide utama atau argumen utama esai. Gagasan utama ini juga dikenal sebagai tesis, dan harus menjadi bagian dari setiap paragraf dalam esai Anda. Seluruh esai perlu berhubungan langsung dengan tesis ini.

TOEFL Writing Test - Kemudian, dua atau tiga paragraf berikutnya setelah paragraf pertama harus menguraikan tesis dan menjelaskan argumen Anda dengan sangat jelas. Anda harus memiliki banyak ide, pemikiran dan contoh untuk mendukung tesis Anda dalam paragraf ini. Akhirnya, paragraf terakhir adalah kesimpulan yang menyatakan kembali tesis dan merangkum argumen yang Anda sajikan dalam esai. Anda akan meringkas semuanya di sini dan membuat kesimpulan besar tentang ide utama Anda. Anda harus menunjukkan bagaimana semuanya saling berhubungan dan terkait. Aturan umum adalah mencoba dan mendedikasikan satu paragraf untuk satu ide atau satu argumen. Anda sebaiknya tidak mencoba menjelaskan lebih dari satu ide di setiap paragraf. Jadilah sangat fokus, dan luangkan waktu untuk membuat setiap paragraf sangat jelas. Dengan cara ini, esai Anda akan mengikuti format yang terlihat seperti ini:

TOEFL Writing Test - Ciri-Ciri Esai TOEFL Yang Baik

• Paragraf # 1: Tesis (ide utama)
• Paragraf # 2: Argumen pertama untuk mendukung ide
• Paragraf # 3: Argumen kedua untuk mendukung ide
• Paragraf # 4: Argumen ketiga untuk mendukung ide, sudut pandang yang berbeda pada tesis Anda atau ide yang berlawanan.
• Paragraf # 5: Kesimpulan (tesis disajikan kembali)

TOEFL Writing Test - Berbeda dengan daftar di atas, esai Anda tidak akan terlihat seperti kumpulan poin-poin. Sebaliknya, Anda harus menulis kalimat lengkap dan paragraf penuh. Juga perlu ada kemajuan yang jelas dan lancar dari satu ide ke ide lainnya (aliran teks yang baik). Menggunakan kata keterangan konjungtif seperti "Namun," "selanjutnya" dan "tetap" adalah salah satu cara termudah untuk memperkenalkan lebih banyak aliran ke esai Anda. Konjungsi subordinat (“walaupun,” “sementara”) akan membantu di sini juga.

TOEFL Writing Test - Yang juga akan sangat membantu Anda adalah memiliki tesis yang jelas untuk membantah. Sangat penting bagi Anda untuk memutuskan apa yang ingin Anda katakan sebelum mulai mengatakannya. Tidak masalah jika ide tesis Anda sangat sederhana. Sebenarnya, itu tidak boleh terlalu rumit, karena Anda mungkin kehabisan waktu mencoba untuk menutupi semua ide Anda jika tesis utama sangat rumit. Memiliki tesis yang sederhana dan jelas akan memungkinkan Anda untuk fokus pada cara-cara untuk mendukungnya. Kemudian Anda bisa lebih memperhatikan menggunakan tata bahasa dan kosa kata yang baik dan menyajikan argumen Anda secara terstruktur sepanjang esai.